Warga Tangkap Seekor Buaya Muara

2047

BAKAUHENI – Warga Dusun Pegantungan, Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni dihebohkan dengan seekor buaya yang ditangkap warga setempat saat hendak berangkat melaut, Minggu (13/12), sekitar pukul 03.30 WIB.

Seekor buaya yang panjangnya sekitar 1,5 meter itu dikenal dengan buaya muara (Crocodylus Porosus). Buaya liar itu berhasil dijinakkan sekitar 4 jam lamanya oleh Sul (37) dan Sanusi (25), keduanya bersaudara kakak dan adik warga Dusun Pegantungan, Desa Bakauheni.

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Bakauheni Dawar Yunus, dua bersaudara Sul dan Sanusi seperti biasa akan berangkat melaut mencari ikan. Namun sebelum berangkat, keduanya mencari udang untuk umpan mancing terlebih dulu. “Pada saat mencari udang untuk umpan itu, keduanya diserang oleh buaya muara yang panjangnya sekitar 1,5 meter. Kedua kakak-adik itu baru bisa menjinakkan seekor buaya tersebut sekitar 4 jam atau sekitar pukul 08.30 WIB,” kata Dawar Yunus, kemarin.

BACA :  34 Warga Bumisari Justru Mundur dari PKH

Setelah berhasil menangkap seekor buaya itu, kedua bersaudara itu bersama warga melaporkan hal itu ke Balai Karantina Ikan Bakauheni. Rencananya, binatang buas itu akan dilimpahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung untuk di lepaskan kembali ke habitatnya.

BACA :  Penyampaian Wacana KBM Tunggu Izin Tim Gugus

“Buaya itu sudah diserahkan ke Balai Karantina Ikan di Bakauheni. Binatang buas itu akan dilepaskan di habitat agar tidak mengganggu manusia dan binatang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Sanusi salah satu warga yang menangkap buaya liar itu mengaku, seperti biasa dia bersama saudaranya sebelum berangkat mancing mencari udang untuk umpan di muara. Namun kali ini, dia diserang seekor buaya. “Kami berusaha menangkap buaya liar itu. Berbagai cara kami lakukan agar bisa menangkap buaya dan menyerahkannya ke petugas karantina,” katanya.(man)