Waspada!, Sungai Way Sekampung Meluap

176
David Zulkarnain – Salah satu titik lokasi luapan Sungai Way Sekampung yang mengepung rumah warga Dusun Bunut Utara, Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi, Senin (29/4).

Rumah Warga Dikepung Banjir, Tambak Terendam

SRAGI – Debit air sungai Way Sekampung kembali meningkat. Peningkatan ini disebabkan curah hujan yang cukup tinggi selama beberapa hari terakhir.

          Berdasarkan informasi yang dihimpun, meningkatnya debit Sungai Way Sekampung terjadi sejak dua hari belakangan dan luapan sungai juga telah mengepung pemukiman masyarakat Dusun Bunut Utara, Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi. Untuk itu, masyarakat Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi kembali diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

          Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Sragi Iskandar mengatakan, meningkatnya curah hujan  diwilayah Lampung Selatan dalam satu pekan terakhir menyebabkan meningkatnya debit Sungai Way Sekampung.

BACA :  Hebat! Difabel Berkebun Hidroponik

          “Debit Sungai Way Sekampung meningkat sudah dua hari ini. Hal ini disebabkan kerena banjir kiriman akibat meningkatnya curah hujan selama satu pekan ini,” kata Iskandar kepada Radar Lamsel saat melakukan pemantauan di Dusun Bunut Utara, Senin (29/4).

          Iskandar menerangkan, saat ini luapan Sungai Way Sekampung juga telah mengepung beberapa rumah warga di Dusun Bunut Utara. Selain itu, luapan sungai juga turut merendam tambak milik warga.

BACA :  Sragi Perketat Pendataan Warga Dari Luar Daerah

          “Lima rumah warga di Dusun Bunut Utara juga sudah terkepung luapan sungai. Selain itu belasan hektar tambak milik warga juga ikut terendam,” ungkapnya.

          Menurut Iskandar, curah hujan yang terus tejadi di beberapa wilayah berkemungkinan menyebabkan debit Sungai Way Sekampung terus meningkat. Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

          “Terutama untuk masyarakat Dusun Bunut Utara dan Umbul Besar untuk lebih meningkatkan kewaspadaan karena yang kita khawatirkan banjir kiriman dari derah Metro dan Pringsewu,” harapnya. (vid)