Wujudkan Tatanan Desa yang Maju dan Modern

1563

PENENGAHAN – Mewujudkan tatanan pemerintahan desa yang maju dan berkembang menjadi impian semua lapisan masyarakat. Seperti masyarakat Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan.
Pemerintah Desa Kelaten terus semangat membangun desa menuju desa maju dan modern. Untuk mewujudkan itu, aparatur desa masing-masing bidang memiliki peran dan fungsinya masing-masing.
Untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang handal, pemerintah Desa Kelaten melalui kucuran dana desa (DD) memberikan pembinaan dan pelatihan kepada aparatur desa, karang taruna dan tim penggerak PKK desa. Dengan pembinaan dan pelatihan itu diharapkan aparatur desa dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Kepala Desa Kelaten Joni Amsyah mengatakan, program pembinaan dari dana desa sudah dilaksanakan pada pencairan DD tahap pertama lalu. Dia berharap, dengan pembinaan masing-masing bidang itu dapat memberikan kontribusi bagi desa untuk menciptakan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
“Wujud pembangunan desa itu tidak hanya terfokus pada infrastruktur tapi juga sektor lainnya seperti pembangunan dan pengembangan SDM. Dengan pembinaan dan pelatihan itu, kami berharap program-program kerja di desa dapat terlaksana dengan baik sesuai visi misi bapak Bupati Lamsel yakni “Ayo Bangun Desa”,” ujarnya.
Lebih lanjut Joni Amsyah mengatakan, untuk mewujudkan Desa Kelaten yang maju dan modern, Pemerintah Desa Kelaten melaksanakan program membangun 130 jamban. Program tersebut untuk mewujudkan Desa Kelaten terbebas dari buang air besar (BAB) sembarangan.
“Pada lomba Kesrak tahun 2015 lalu, Desa Kelaten berhasil meraih juara ke 3 tingkat provinsi. Hasil juara tersebut diperuntukkan untuk membangun jambat sehat kepada 130 warga. Saat ini di Desa Kelaten sudah 100 persen masyarakatnya memiliki jamban sehat,” katanya.
Menurut Joni Amsyah, pihaknya akan terus menggalakkan dan meningkatkan gotong royong kepada masyarakat. Harapannya, Desa Kelaten tetap menjadi terbaik dalam penerapan Kesrak. “Bapak Bupati sudah mendeklarasikan Desa Kelaten sebagai desa yang sudah 100 persen memiliki jamban. Dengan demikian, desa akan berupaya terus untuk mempertahankan prestasi yang pernah diraih dan mewujudkan Desa Kelaten yang maju dan modern,” paparnya.(man)