Yasmin : Saatnya Perempuan jadi Subjek Pembangunan

1240
Edwin Apriandi – Yasmin Shahnaz, istri Calon Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan menggendong balita disela-sela kampanye dialogis di Kecamatan Jatiagung, belum lama ini.

KALIANDA – Calon bupati dan wakil bupati Lampung Selatan kian intens turun ke lapangan memanfaatkan waktu kampanye yang tinggal sebulan lagi.
Seperti yang dilakukan Calon Bupati H. Zainudin Hasan dan calon wakil bupati Nanang Ermanto (ZaiN). Pasangan calon nomor urut 3 yang diusung koalisi ‘Ayo Bangun Desa’ ini tiada hari tanpa turun kelapangan untuk bersilaturahmi dengan rakyat Lamsel.
Namun ada yang berbeda di kampanye dialogis yang digelar di Kecamatan Jatiagung, belum lama ini. Zainudin Hasan datang bersilaturahmi bersama Yasmin Shahnaz, isterinya.
Tak pelak, Yasmin menjadi perhatian masyarakat. Sebab, paras cantiknya membuat masyarakat terpukau. Apalagi Yasmin juga memiliki misi khusus bagi perempuan-perempuan di Lamsel jika suaminya, Zainudin Hasan terpilih menjadi Bupati Lamsel periode 2016 – 2021 mendatang.
“Pemberdayaan perempuan akan benar-benar kita lakukan. Selama ini kan, perempuan-perempuan di Lamsel belum sepenuhnya tersentuh. Perempuan di Lamsel hanya kerap menjadi objek pembangunan. Bukan subjek pembangunan. Kedepan harus kita rubah,” ungkap Yasmin kepada Radar Lamsel disela-sela kampanye dialogis itu.
Seperti Zainudin Hasan, Yasmin juga ikut menyalami rakyat Lamsel yang hadir dalam kampanye dialogis itu. Terlebih kaum perempuan. Bahkan, Yasmin ikut menggendong salah satu balita yang dibawa ibu-ibu disana.
“Program untuk balita juga akan kita gulirkan. Jangan sampai, balita tidak mendapatkan perhatian yang maksimal yang menimbulkan kekurangan gizi,” kata Yasmin.
Peranan perempuan khususnya ibu-ibu, sambung Yasmin, sangat penting bagi pondasi rumah tangga. Baik untuk perkembangan fisik dan mental anak-anak maupun dalam kehidupan bermasyarakat. “Tanpa harus mengenyampingkan kodrat-nya sebagai perempuan, kaum ibu juga bisa berbuat yang lebih dari hanya sekedar urusan dapur. Sekarang ini sudah waktunya perempuan yang berperan dalam pembangunan,” kata Yasmin.
Neneng (29), warga Kecamatan Natar mengungkapkan harapannya agar calon Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan dan calon wakil bupati Lamsel Nanang Ermanto (ZaiN) terpilih menjadi bupati dan wakil bupati.
Ia juga berharap agar Yasmin Shahnaz bisa memberikan pendidikan-pendidikan non formal kepada kaum perempuan di Lamsel karena selama ini kaum perempuan tidak pernah mendapatkan hal itu. “Kursus-kursus seperti menjahit dan sebagainya itu tidak pernah ada. Mudah-mudahan kalau pak Zainudin nanti jadi ada program pemberdayaan perempuan yang benar-benar diwujudkan,” harap Neneng. (edw)