ZaiN : Perkuat BUMDes untuk Kemandirian Desa

982

KALIANDA – Calon Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan bakal memperkuat peranan desa dalam pembangunan dimasa yang akan datang.
Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) diyakini akan menjadi media yang mentransformasikan semangat kegotongroyongan masyarakat dalam perekonomian desa yang membangun desa dengan kemandiriannya.
“Jadi gotong royong-nya bukan hanya saat bersih-bersih desa saja. Tetapi, dalam perekonomian dan pembangunan juga harus bersama-sama,” kata Zainudin Hasan kepada Radar Lamsel disela-sela kegiatan kampanye dialogis di Kecamatan Bakauheni, kemarin.
Calon Bupati yang berpasangan dengan calon wakil Bupati Nanang Ermanto ini mengatakan, Warung Desa adalah penyederhanaan lembaga BUMDes yang akan dibentuk disetiap desa jika ia dan Nanang Ermanto (ZaiN) terpilih menjadi bupati dan wakil bupati periode 2016 – 2021 mendatang.
“BUMDes ini akan membentengi keberadaan indomart/alfamart masuk kedesa-desa. Karena jika tidak diantisipasi, ekonomi rakyat akan semakin tergerus dengan mewabahnya waralaba itu,” ungkap adik Ketua MPR-RI H. Zulkifli Hasan itu.
Untuk memperkuat peranan elemen desa dan perangkat organisasi desa, ZaiN akan memprogramkan pembinaan aparatur desa agar siap menyambut program pembangunan berbasis masyarakat desa.
Pembinaan dilakukan agar aparatur desa dan perangkatnya memiliki kapasitas dan kapabelitas dalam mengejawantahkan program pembangunan di desa. Dengan begitu, segala program pembangunan didesa akan jauh lebih terarah dan bersinergi antara kebijakan pemerintah serta keinginan atau aspirasi masyarakatnya.
“BUMDes akan memacu kemandirian masyarakat desa dalam membangun desanya masing-masing. Kemajuan itu sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap desa. Nah, kalau desa sudah maju, kota juga akan tumbuh dan berkembang disetiap kecamatan,” kata Zainudin.
Karena itu, ZaiN bertekad akan memperkuat peranan masyarakat desa dan BUMDes dalam pembangunan. “Ayo bangun desa itu adalah ajakan. Ajakan kepada masyarakat untuk membangun desa dengan potensi-potensi yang kita miliki,” pungkas Zainudin. (edw)