Zainudin Bakal Beri Reward Desa Aman dan Bersih

720

KALIANDA – Keamanan dan Kebersihan terus mendapat perhatian Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan dalam memimpin Kabupaten Lampung Selatan.
Orang nomor satu di Bumi Khagom Mufakat ini pun mengajak seluruh elemen masyarakat dan desa untuk menjaga keamanan wilayahnya masing-masing.
Bahkan, Zainudin merencanakan akan memberikan penghargaan (reward) kepada desa yang berhasil menekan angka kriminalitas dan menjaga keamanan desanya setiap tahun.
“Keamanan ini menjadi kunci kemajuan. Desa yang aman akan kita kasih penghargaan. Selain itu, kebersihannya,” ungkap Zainudin yang diwawancarai sejumlah awak media usai memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 di Stadion Raden Intan Kalianda, Jum’at (20/5).
Zainudin membeberkan, agenda kegiatan perlombaan yang akan dilakukan untuk membangkitkan semangat masyarakat desa. Sehingga, apa yang telah diperbuat oleh mayarakat desa bisa memberikan manfaat bagi orang sekitarnya.
“Kami akan memberikan penghargaan bagi desa-desa yang paling baik tingkat keamanannya, warganya paling gemar bergotong-royong lalu desa yang tidak ada sampah berserakan. Mudah-mudahan, itu akan membawa kebaikan masyarakat desa,”ungkap Zainudin.
Untuk mewujudkan hal itu, kata adik kandung Ketua MPR-RI H. Zulkifli Hasan ini, setiap masyarakat harus bisa menjaga keamanan dari diri sendiri. Lalu, dengan cara meningkatkan sistem keamanan lingkungan (siskamling).
“Itu dari segi pengendalian keamanan. Warga harus menggandeng pihak keamanan yakni babinsa dan babinkamtibmas. Dari segi gotong royong masyarakat juga harus ditingkatkan. Supaya, semua desa di Lamsel bersih dan aman,”imbuhnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, pemberian penghargaan itu dilakukan semata-mata untuk menimbukan semangat masyarakat agar gemar melakukan kegiatan bergotong-royong.
“Siskamling dilakukan bersama, menjaga kebersihan juga dilakukan bersama-sama. Itu akan membawa kebaikan warga karena negara kita merupakan negara yang gemar bergotong-royong,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Berulah, Residivis Dibui Lagi