Zainudin Lepas Peserta Pawai Ta’aruf

444

Peringatan Tahun Baru Islam 1439 Hijriah

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan melepas ribuan peserta pawai ta’aruf dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah yang digelar Pemkab Lamsel di Lapangan Cipta Karya Kalianda, pekan lalu.

Peserta pawai yang didominasi oleh kalangan pelajar mulai dari tingkat SD/MI dari pondok pesantren sampai dengan Mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Lamsel ini berlangsung meriah.

Dalam kesempatan itu, Zainudin mengajak masyarakat khususnya yang beragama Islam untuk ikut serta merayakan peringatan atau hari besar Islam, salah satunya adalah Tahun Baru Islam 1439 Hijriah. Sebab, hal ini menjadi kewajiban umat Islam agar tidak hilang diterpa moderenisasi.

“Tahun baru Islam itu milik semua umat yang beragama Islam. Jadi, bukan hanya milik madrasah dan pondok pesantren saja yang meramaikannya. Semua orang yang beragama Islam wajib menyambutnya dengan suka cita,” kata Zainudin.

Dia menambahkan, memperingati hari besar keagamaan menjadi salah satu langkah untuk mempererat silaturahmi sesama umat muslim. Sehingga, berbagai konflik bisa diminimalisir dengan adanya perayaan yang digelar secara bersama-sama tanpa membedakan organisasi antara satu atau lainnya.

“Rapuhnya umat Islam terjadi karena tidak ada kesamaan persepsi antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain. Sehingga, dimana-mana saling berlomba-lomba membangun masjid. Tapi, ironisnya jamaah yang melaksanakan salat berjamaah di masjid tidak lebih dari satu saf,” pungkasnya. (red)