Zainudin Siapkan Jurus Entaskan Kemiskinan

748
Ist For Radar Lamsel – Calon Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan terus intens bertemu rakyat Lamsel. Seperti yang dilakukannya saat berkampanye dialogis di Kecamatan Jatiagung, belum lama ini.

KALIANDA – Persoalan kemiskinan masih menjadi masalah yang dihadapi Kabupaten Lampung Selatan. Kabupaten berjuluk Khagom Mufakat ini menjadi kabupaten termiskin urutan keempat di Provinsi Lampung berdasarkan data BPS.
Bahkan, angka kemiskinan penduduk dikabupaten yang berada diujung pulau sumatera ini masih tinggi diatas rata-rata nasional. Menghadapi tantangan itu, calon Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan mengaku telah menyiapkan jurus untuk mengentaskan kemiskinan di Lampung Selatan yang merupakan tanah kelahirannya.
“Kita punya sumber daya alam yang benar-benar melimpah. Pemberdayaan masyarakat dalam mengelolanya akan kita lakukan bersama-sama rakyat,” kata Zainudin Hasan kepada Radar Lamsel disela-sela kampanye terbatas di Kecamatan Jatiagung, belum lama ini.
Selain mengelola kearifan lokal yang dimiliki secara bersama-sama, Zainudin Hasan juga meyakini ‘Warung Desa’ yang berbasis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat menjawab tantangan persaingan ekonomi kedepan. Dengan adanya BUMDes, kata Zainudin, kemandirian masyarakat di pedesaan akan meningkat secara ekonomi.
“Kami tidak mau menyuapi masyarakat dengan bantuan yang mubazir dan tidak tepat sasaran. Tetapi harus berdaya guna untuk meningkatkan nilai kemandirian,” ungkap adik Ketua MPR-RI H. Zulkifli Hasan itu.
Bantuan permodalan bagi pengusaha-pengusaha mikro juga akan digulirkan. Menurut Zainudin, para pelaku usaha mikro membutuhkan stimulan permodalan untuk menggeliatkan roda perusahaannya bangkit dari keterpurukan.
“Sebenarnya pemerintah tinggal memfasilitasi. Kalau memang perlu, kita buatkan BUMD yang khusus membidangi urusan permodalan ini. Kita akan lakukan untuk menggerakkan perekonomian desa. Bukannya malah menambah warung waralaba yang justru akan menggerus ekonomi kita,” ungkap Zainudin.
Calon bupati nomor urut 3 yang berpasangan dengan calon wakil bupati Nanang Ermanto ini juga mengatakan, kemandirian harus menjadi pondasi pembangunan daerah kedepan. Dengan kemandirian berwirausaha, lapangan pekerjaan akan muncul dengan sendirinya. “Selain itu, kita juga akan lakukan lobi para pengusaha agar iklim investasi di Lamsel benar-benar meningkat,” pungkas Zainudin. (edw)