Zulkifli Anwar: Jadi Pemimpin Itu Harus Bijak

631

KALIANDA – Anggota Komisi II DPR-RI Zulkifli Anwar berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemkab Lamsel, khususnya para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendukung segala kebijakan yang dikeluarkan oleh Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto dalam rangka membangun kabupaten Lampung Selatan untuk lebih maju.

Pesan itu disampaikan langsung oleh Zulkifli Anwar saat menggelar silaturahmi dengan seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Lamsel dan jajaran Forkorpimda di Aula Sebuku, rumah dinas bupati, Senin (13/8) kemarin.

“Sekarang ini pimpinan kalian adalah pak Nanang Ermanto selaku Plt. Bupati Lamsel. Jadi bantu dan dukung segala kebijakan serta aturan yang dikeluarkan beliau. Ini untuk kemajuan kabupaten Lampung Selatan,” tegas mantan Bupati Lamsel dua periode itu.

Zulkifli menjelaskan, kehadirannya dikabupaten yang pernah dipimpinnya selama dua periode dulu, selain dalam rangka kegiatan reses sebagai anggota DPR-RI juga untuk melepaskan rindu kepada daerah serta masyarakat yang sudah membesarkan namanya hingga menduduki kursi di DPR-RI sampai sekarang ini.

BACA :  Tantangan BPPRD, Genjot PAD

“Terus terang saya ikhlas untuk datang ke Lampung Selatan ini, karena saya mencintai Lampung Selatan. Dan rasa cinta itu tidak pernah pudar, bahkan masih terus terasa sampai sekarang ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Zulkifli pun mengingkat kepada Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto agar bisa menjadi pemimpin yang disenangi oleh semua bawahan. Dan jangan pernah membuat ring untuk mengkotak-kotakan bawahan atau membeda-bedakan.

“Pesan saya kepada Nanang, rangkul dan istimewakan semua bawahan jangan ada yang dibeda-bedakan. Begitu juga dengan para bawahan harus taat kepada pimpinan, jangan mengedepan istilah ABS (Asal Bapak Senang),” terangnya.

BACA :  Tambak Dilanda WSSP, DKP Anjurkan Asuransi

Menurut Zulkifli, seorang pemimpin jangan pernah menyimpan perasaan dendam dengan para bawahan, tetapi pemimpin itu harus bijaksana dan harus mampu menjalin hubungan baik dengan para bawahan. “Bawahan atau ASN didaerah manapun tidak akan pernah melawan pimpinan, jika pimpinannya bisa menjalin hubungan baik,” katanya.

Sebagi pemimpin daerah, Lanjut Zulkifli, jangan hanya baik kepada bawahannya saja tetapi dengan semua pihak, baik itu masyarakat maupun jajaran Forkorpimda seperti Dandim, Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan dan lain sebagainya. “Jika terciptanya hubungan yang baik, maka daerah itu pasti akan maju dan berkembang dan selalu aman. Namun, kalau hubungannya tidak baik, saya yakin daerah itu akan cepat hancur,” pungkasnya. (iwn)