Zulkifli Hasan : Jaga Kearifan Lokal

819
Idho Mai Saputra – Ketua MPR-RI H. Zulkifli Hasan melepas peserta lomba perahu jukung dalam rangkaian Festival Rajabasa IV Tahun 2016, Di Pantai Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Minggu (15/5). Tampak Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan, Kapolres Lamsel AKBP Adi Ferdian Saputra, Pj. Sekkab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono, Kepala Disparbud Fauziah Arief, SH dan Camat Rajabasa Sabilal, SE ikut mendampingi.

RAJABASA – Ketua MPR-RI H. Zulkifli Hasan memberikan atensi khusus terhadap gelaran Festival Rajabasa yang didalamnya menggelar berbagai perlombaan.
Salah satunya lomba perahu jukung dan perahu hias yang digelar pantai Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Minggu (15/5). Mantan Menteri Kehutanan (Menhut) RI itu mengajak seluruh elemen masyarakat di Lamsel agar dalam menjaga kearifan lokal yang dapat diberdayakan untuk kemajuan daerah.
“Dari kebiasaan ini, masyarakat bisa menghasilkan suatu hiburan yang layak ditonton. Muaranya even ini akan meningkatkan penghasilan masyarakat,” kata Zulkifli Hasan disela-sela kegiatan itu.
Untuk itu seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat menjaga kearifan lokal tersebut. Menurut dia, tak hanya lomba perahu jukung dan perahu hias, perlombaan lainnya seperti lomba tari tradisional, lomba topeng, musik tradisional juga harus digelar.
“Pokoknya semua perlombaan yang memang sudah ada didalam suatu daerah itu digelar. Sehingga, mereka bisa mendapatkan keterampilan dan penghasilan dari kegiatan tersebut,”kata Zulkifli Hasan.
Zulkifli Hasan memang sengaja datang ke acara itu untuk melihat perlombaan kemarin. Ia datang bersama Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan yang sebelumnya menghadiri wisuda pelajar SMA Kebangsaan di Desa Pisang, Kecamatan Penengahan.
Zulkifli Hasan juga didaulat untuk melepas perlombaan perahu jukung yang menyedot antusias publik itu. Sejumlah pejabat nampak hadir dalam kegiatan. Diantaranya Wakil Ketua TP-PKK Lamsel Winarni Nanang Ermanto, Sekkab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono dan Kepala Disparbud Fauziah Arief. Termasuk Kapolres Lamsel AKBP Adi Ferdian Saputra.
Pantauan Radar Lamsel, Zulkifli Hasan bersama Zainudin Hasan menyalami masyarakat yang sejak pagi telah memadati lokasi. Mereka juga nampak antusias melihat jalannya lomba adu cepat dengan perahu jukung tersebut.
Sementara itu, Kepala Disparbud Lamsel Hj. Fauziah Arief mengatakan yang mendasari lomba perahu jukung dan hias ini karena mayoritas warga di wilayah Kecamatan Rajabasa adalah nelayan dan memiliki perahu. Selain itu, perahu-perahu milik masyarakat juga dapat disewakan bagi para wisatawan yang berkunjung.
“Ini merupakan upaya kita mempromosikan potensi wisata bahari. Karena Rajabasa ini memiliki potensi wisata yang cukup baik. Mudah-mudahan, dengan langkah seperti ini bisa menjadikan wisata Lamsel semakin dikenal masyarakat luas,”terang Fauziah.(idh)

BACA :  Truk Terbakar di Jalinsum Desa Kuripan